Perbedaan TOEIC dan TOEFL

Written by
Rate this item
(2 votes)

Perbedaan TOEIC dan TOEFL

Belakangan ini sudah banyak tes yang mengukur kemampuan bahasa Inggris seseorang. Tes kemampuan berbahasa Inggris di antaranya adalah TOEIC dan TOEFL. Keduanya memiliki tujuan berbeda-beda. TOEIC (Test of English for International Communication) adalah tes yang dirancang untuk mereka yang bahasa ibunya bukan bahasa Inggris.

Nilai tes ini akan mengukur sejauh mana seseorang mampu berkomunikasi dengan orang lain. Tes ini tidak memerlukan pengetahuan atau kosa kata khusus. Sedangkan TOEFL (Test of English as Foreign Language) adalah tes yang mengukur kemampuan berbahasa Inggris Anda untuk pendidikan akademis.

english test

Perbedaan Keduanya

TOEIC dan TOEFL dirancang untuk tujuan yang berbeda. TOEFL ditujukan untuk pelajar atau mahasiswa yang ingin melanjutkan studinya di Amerika Serikat dan Canada. Sedangkan TOEIC ditujukan bagi mereka yang bahasa ibunya bukan memakai dialog bahasa Inggris dan ingin menunjukkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris di dunia kerja dan ambil bagian dalam globalisasi.

 

TOEIC dan TOEFL memiliki standar penilaian berbeda. Jika nilai tes TOEFL tidak bisa dijadikan sebagai patokan utama karena masing-masing tempat memiliki perbedaan penilaian, namun pada TOEIC, tes ini menggunakan keselarasan standar internasional. Jika di luar negeri, TOIEC sudah sangat populer. Buktinya, dari data yang ada, ternyata tes ini telah digunakan sekitar 10.000 perusahaan di dunia. Mungkin, bisa jadi karena selain berstandar internasional, juga TOEIC yang telah ada sejak 1979. Sehingga, levelnya pun lebih tinggi dibanding TOEFL tes.

Read 4020 times

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.