Infrastruktur, fungsi dan peralatan di Jurusan Teknik Komputer dan Informatika

Berdasarkan spectrum 2008 Program Keahlian Teknik Informatika dan Komputer terdiri dari Teknik Komputer Jaringan, Rekayasa Perangkat Lunak dan Multimedia. Pembelajaran bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang terampil di bidang perakitan, pemeliharaan computer, pembuatan software aplikasi, pembuatan Web Dinamis, serta media informasi dan komunikasi berbasis digital.

Peraturan Mendiknas Nomor 40 tahun 2008 tentang standar sarana dan prasarana untuk Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (SMK/MAK) mengisyaratkan sebagai berikut :

 

A.  Kompetensi keahlian Multimedia

Proses pembelajaran di Paket KeahlianMultimedia dilakukan dengan berbasis kompetensi dan produksi. Pada proses pembelajaran berbasis kompetensi diperlukan transfer pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang secara keseluruhan harus dilakukan dengan benar dan memenuhi standar kompetensi yang dipersyaratkan oleh dunia industri / usaha. Kompetensi dasar kejuruan dan kompetensi kejuruan pada Paket Keahlianmultimedia  terdiri dari  dari 20 kompetensi yang secara ringkas dapat dikelompokan dalam kompetensi yang berkaitan dengan perakitan, perbaikan dan pemeliharaan PC, keselamatan kerja, desain grafis, animasi, photografi, audio dan videografi.

 

Untuk mendukung penguasaan kompetensi tersebut diperlukan sarana prasarana sebagaimana tersebut di bawah ini, yakni 3 ruang. Namun kondisi infrastruktur dan fasilitas di Paket KeahlianMultimedia SMK Negeri 1 Kota Bekasi saat ini belum mencukupi, sehingga harus dilakukan pengaturan ulang tata letak dan peremajaan serta penambahan peralatan.

Infrastruktur dan fasilitas Jurusan/program studi keahlian/Paket KeahlianMultimedia

 

No.

Tempat pelatihan/ laboratorium/ workshop

Training venue

Kapasitas

Capacity

Jumlah ruangan

Number of rooms

Keterangan

Explanations

Yang diperlukan

Required

Yang sudah ada

Existing

Yang akan dibangun

To be built

1

Ruang Pra-produksi

MM 01

Preparation of production

32

1

0

1

Siap digunakan

2

Digital Studio

MM 02

8

1

1

0

Siap digunakan

3

Audio Studio

MM 03

4

1

1

0

Siap digunakan

4

Ruang produksi

MM 04

Production room

 

32

1

1

0

Siap digunakan


Tempat pelatihan dan fungsinya pada Jurusan/program studi keahlian/Paket KeahlianMultimedia

 

Tempat pelatihan/ laboratorium/ workshop

Training Venue

Deskripsi

Description

Detail aktivitas/spesifikasi kegiatan

Activities

Ruang Pra-Produksi

MM 01

Preparation of production

Merancang kebutuhan multimedia

Multimedia preparation

§Menggambar dan membuat sketsa

§Membuat story board

§Merancang bentuk

§  Drawing and sketching

§  Making a story board

§  Making shapes

Film and Photo Studio

MM 02

Mempersiapkan bahan/ materi desain

Preparing the design components

§Merekam gambar (memotret)

§Membuat ilustrasi

§Green Screen

 

Audio Studi

MM 03

 

§Merekam suara

§  Soundtrack poduction;Voice recording

Ruang Produksi

MM 04

Production room

Menggunakan software aplikasi desain

Using design software

§     Membuat desain dengan menggunakan software desain

§     Mengedit gambar/video/audio

§     Menggambar digital

§  Making a design with software

§  Editing pictures/video/audio

§  Digital drawing

 

 

B. Teknik Komputer dan Jaringan

 

Proses pembelajaran di Program Studi Teknik Komputer dan jaringan dilakukan dengan berbasis kompetensi dan berbasis produksi. Pada proses pembelajaran berbasis diperlukan transfer pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang secara keseluruhan harus dilakukan dengan benar dan memenuhi standar kompetensi yang dipersyaratkan oleh lapangan kerja. Kompetensi dasar kejuruan dan kompetensi kejuruan pada Paket Keahlianteknik komputer dan jaringan terdiri dari  dari 19 kompetensi yang secara ringkas dapat dikelompokan dalam kompetensi yang berkaitan dengan Perakitan dan perbaikan, Jaringan (LAN) dan sistem administrator.

 

Untuk mendukung penguasaan kompetensi tersebut diperlukan sarana prasarana sebagaimana tersebut di bawah ini, yakni 3 ruang. Namun kondisi infrastruktur dan fasilitas di Jurusan/Komptensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 1 Kota Bekasi saat ini belum mencukupi, sehingga harus dilakukan pengaturan ulang tata letak dan peremajaan serta penambahan peralatan.

 

Infrastruktur dan fasilitas Jurusan/program studi keahlian/Paket KeahlianTeknik Komputer dan Jaringan

 

 

 

No.

Tempat pelatihan/ laboratorium/ workshop

Training venue

Kapasitas

Capacity

Jumlah ruangan

Number of rooms

Keterangan

Explanations

Yang diperlukan

Required

Yang sudah ada

Existing

Yang akan dibangun

To be built

1

Lab. Perakitan dan Perbaikan PC

TKJ 01

PC assembly and repairs

32

1

1

0

Penambahan AC.

Add air conditioning

2

Lab. Jaringan LAN

TKJ 02

LAN network

16

1

1

0

Pembuatan Partisi ruangan pada TKJ 01

Make room division

3

Lab. Admin

TKJ 03

Administrator

16

1

1

0

Siap digunakan

Ready for use

 

 

Tempat pelatihan dan fungsinya pada Jurusan/program studi keahlian/Paket KeahlianTeknik Komputer dan Jaringan

 

 

 

 

 

Tempat pelatihan/ laboratorium/ workshop

Training Venue

Deskripsi

Description

Detail aktivitas/spesifikasi kegiatan

Activities

Lab. Perakitan dan

Perbaikan PC

TKJ 01

PC assembly and repairs

Melakukan Perakitan dan instalasi serta  memperbaiki PC

PC assembly and repairs

§Pengenalan hardware

§Merakit hardware

§     Melakukan Instalasi Sistem Operasi Dasar

§Membongkar PC bermasalah

§Menguji coba PC

§  Kowledge about and assembly of hardware

§  Basic operating system installation

§  Dismantling and testing a computer with problems

Lab. Jaringan LAN

TKJ 02

LAN network

Mempelajari konsep dan membuat jaringan LAN

LAN network

§Pengenalan komponen jaringan

§Identifikasi dan Desain Jaringan

§Instalasi dan Koneksi Jaringan

§Koneksi Jaringan Nirkabel

§Manajemen Bandwith

§  Knowledge of network components

§  Identification and design of networks

§  Installation and connnection

§  Connecting a nircable network

§  Bandwidth management

 

 

C. Rekayasa Perangkat Lunak

Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di Paket KeahlianRPL dilakukan dengan berbasis kompetensi, IT (Information Technologi) dan Produksi. Terdapat 20 Standar Kompetensi yang dipelajari di RPL yang terkelompok menjadi 3 bagian utama yaitu Pengembangan Website (Website Development), Software Aplikasi (Application Software) dan Manajemen Database (Database Management).

 Infrastruktur dan fasilitas Jurusan/program studi keahlian/Paket KeahlianRekayasa Perangkat Lunak

 

 

No.

Tempat pelatihan/ laboratorium/ workshop

Training venue

Kapasitas

Capacity

Jumlah ruangan

Number of rooms

Keterangan

Explanations

Yang diperlukan

Required

Yang sudah ada

Existing

Yang akan dibangun

To be built

1

Lab. Komputer Pengembangan Software

RPL 01

Software development

32

1

1

0

Siap digunakan

Ready for use

2

Lab. Komputer Pengembangan Website

RPL 02

Website development

32

1

1

0

Rombak dinding antara RPL.01 dan Kelas (R.8) dan buat partisi RPL03

Tear down partition between RPL 01 and R.8, and insert a partition with RPL 03

3

Lab. Komputer

Perawatan dan Perbaikan

RPL 03

Maintencance and repairs

16

1

1

0

Partisi dari RPL 02

Partition from RPL 02

4

Ruang

Penyimpanan / Instruktur

RPL 04

Storage / Instructor's room

8

1

1

0

Sudah dipartisi di RPL 01

Already partitioned from RPL 01

 

Tempat pelatihan dan fungsinya pada Jurusan/program studi keahlian/Paket KeahlianRekayasa Perangkat Lunak

 

Tempat pelatihan/ laboratorium/ workshop

Training Venue

Deskripsi

Description

Detail aktivitas/spesifikasi kegiatan

Activities

Lab. Komputer Pengembangan Software

RPL 01

Software development

Bengkel yang digunakan sebagai tempat mengembangkan Basis Data (Database) dan Software Aplikasi (Software Application).

Database and software application development

PembuatandanPengembangan Basis Data dan Software Aplikasi Desktop, Mobile Phone.

§  Topik :

§  Membuat Basis Data

§  Menerapkan Aplikasi Basis Data

§  Pemrograman Visual Berbasis Desktop

§  Menerapkan Bahasa Pemrograman SQL

§  Membuat Aplikasi Basis Data menggunakan SQL

§  Merancang aplikasi teks dan desktop berbasis objek

Making and developing basic data, desktop software application, mobile phone

§  Making, developing and applying basic data

§  Visual programming using the desktop

§  Use of SQL programming language

§  Making applications with SQL for basic data

§  Planning text applications and object based desktops

Lab. Komputer Pengembangan Website

RPL 02

Website development

Bengkel yang digunakansebagaitempatmengembangkan Web Design, Database Web

Development of web design and a database web

 

PembuatandanPengembangan website statisdandinamis yang dilengkapi database.

Topik :

Pembuatan dan Pengembangan Website Statis dan Dinamis (HTML, PHP, Javascript, CSS, JSP, Ajax)

Menerapkan algoritma pemrograman

Making and developing static and dynamic websites with databases

§Making and developing static and dynamic websites (HTML, PHP, Javascript, CSS, JSP, Ajax)

Lab. Komputer

Perawatan dan Perbaikan

RPL 03

Maintencance and repairs

Bengkel yang digunakansebagaitempatPerbaikan&Perawatan PC, Merakit PC, Menginstalasi Operating System, Networking, Elektronika, K3LH.

Repairs and maintenance of PCs, PC assembly, installation of operating systems, networking, electronics, health and safety at the workplace

PerbaikandanPerawatan PC, Merakit PC, Instalasi OS, ElektronikadanPembelajaran K3LH

Topik :

Merakit Personal Computer

Melakukan Instalasi Sistem Operasi

Menerapkan Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH)

Menerapkan teknik elektronika analog dan digital dasar Mengoperasikan sistem operasi jaringan komputer

PC repairs and maintenance, PC assembly, installation of operating system, analog and digital electronics, networks, health and safety measures

Ruang

Penyimpanan / Instruktur

RPL 04

Storage / Instructor's room

Bengkel yang digunakansebagaitempatAlatdanBahanPraktik, Administrasi RPL, Instruktur

Storage of equipment, administration, instructor's room

§Penyimpanan Alat dan Bahan Praktik

§     Pengorganisasian Dokumen Kompetensi Keahlian

§RuangInstruktur

§  Storage of equipment

§  Document organisation

§  Instructor's room