Infrastruktur, fungsi dan peralatan di Jurusan Teknik Komputer dan Informatika
Berdasarkan spectrum 2008 Program Keahlian Teknik Informatika dan Komputer terdiri dari Teknik Komputer Jaringan, Rekayasa Perangkat Lunak dan Multimedia. Pembelajaran bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang terampil di bidang perakitan, pemeliharaan computer, pembuatan software aplikasi, pembuatan Web Dinamis, serta media informasi dan komunikasi berbasis digital.
Peraturan Mendiknas Nomor 40 tahun 2008 tentang standar sarana dan prasarana untuk Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (SMK/MAK) mengisyaratkan sebagai berikut :
A. Kompetensi keahlian Multimedia
Proses pembelajaran di Paket KeahlianMultimedia dilakukan dengan berbasis kompetensi dan produksi. Pada proses pembelajaran berbasis kompetensi diperlukan transfer pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang secara keseluruhan harus dilakukan dengan benar dan memenuhi standar kompetensi yang dipersyaratkan oleh dunia industri / usaha. Kompetensi dasar kejuruan dan kompetensi kejuruan pada Paket Keahlianmultimedia terdiri dari dari 20 kompetensi yang secara ringkas dapat dikelompokan dalam kompetensi yang berkaitan dengan perakitan, perbaikan dan pemeliharaan PC, keselamatan kerja, desain grafis, animasi, photografi, audio dan videografi.
Untuk mendukung penguasaan kompetensi tersebut diperlukan sarana prasarana sebagaimana tersebut di bawah ini, yakni 3 ruang. Namun kondisi infrastruktur dan fasilitas di Paket KeahlianMultimedia SMK Negeri 1 Kota Bekasi saat ini belum mencukupi, sehingga harus dilakukan pengaturan ulang tata letak dan peremajaan serta penambahan peralatan.
Infrastruktur dan fasilitas Jurusan/program studi keahlian/Paket KeahlianMultimedia
No. |
Tempat pelatihan/ laboratorium/ workshop Training venue |
Kapasitas Capacity |
Jumlah ruangan Number of rooms |
Keterangan Explanations |
||
Yang diperlukan Required |
Yang sudah ada Existing |
Yang akan dibangun To be built |
||||
1 |
Ruang Pra-produksi MM 01 Preparation of production |
32 |
1 |
0 |
1 |
Siap digunakan |
2 |
Digital Studio MM 02 |
8 |
1 |
1 |
0 |
Siap digunakan |
3 |
Audio Studio MM 03 |
4 |
1 |
1 |
0 |
Siap digunakan |
4 |
Ruang produksi MM 04 Production room
|
32 |
1 |
1 |
0 |
Siap digunakan |
Tempat pelatihan dan fungsinya pada Jurusan/program studi keahlian/Paket KeahlianMultimedia
Tempat pelatihan/ laboratorium/ workshop Training Venue |
Deskripsi Description |
Detail aktivitas/spesifikasi kegiatan Activities |
Ruang Pra-Produksi MM 01 Preparation of production |
Merancang kebutuhan multimedia Multimedia preparation |
§Menggambar dan membuat sketsa §Membuat story board §Merancang bentuk § Drawing and sketching § Making a story board § Making shapes |
Film and Photo Studio MM 02 |
Mempersiapkan bahan/ materi desain Preparing the design components |
§Merekam gambar (memotret) §Membuat ilustrasi §Green Screen
|
Audio Studi MM 03 |
|
§Merekam suara § Soundtrack poduction;Voice recording |
Ruang Produksi MM 04 Production room |
Menggunakan software aplikasi desain Using design software |
§ Membuat desain dengan menggunakan software desain § Mengedit gambar/video/audio § Menggambar digital § Making a design with software § Editing pictures/video/audio § Digital drawing |
B. Teknik Komputer dan Jaringan
Proses pembelajaran di Program Studi Teknik Komputer dan jaringan dilakukan dengan berbasis kompetensi dan berbasis produksi. Pada proses pembelajaran berbasis diperlukan transfer pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang secara keseluruhan harus dilakukan dengan benar dan memenuhi standar kompetensi yang dipersyaratkan oleh lapangan kerja. Kompetensi dasar kejuruan dan kompetensi kejuruan pada Paket Keahlianteknik komputer dan jaringan terdiri dari dari 19 kompetensi yang secara ringkas dapat dikelompokan dalam kompetensi yang berkaitan dengan Perakitan dan perbaikan, Jaringan (LAN) dan sistem administrator.
Untuk mendukung penguasaan kompetensi tersebut diperlukan sarana prasarana sebagaimana tersebut di bawah ini, yakni 3 ruang. Namun kondisi infrastruktur dan fasilitas di Jurusan/Komptensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 1 Kota Bekasi saat ini belum mencukupi, sehingga harus dilakukan pengaturan ulang tata letak dan peremajaan serta penambahan peralatan.
Infrastruktur dan fasilitas Jurusan/program studi keahlian/Paket KeahlianTeknik Komputer dan Jaringan
No. |
Tempat pelatihan/ laboratorium/ workshop Training venue |
Kapasitas Capacity |
Jumlah ruangan Number of rooms |
Keterangan Explanations |
||
Yang diperlukan Required |
Yang sudah ada Existing |
Yang akan dibangun To be built |
||||
1 |
Lab. Perakitan dan Perbaikan PC TKJ 01 PC assembly and repairs |
32 |
1 |
1 |
0 |
Penambahan AC. Add air conditioning |
2 |
Lab. Jaringan LAN TKJ 02 LAN network |
16 |
1 |
1 |
0 |
Pembuatan Partisi ruangan pada TKJ 01 Make room division |
3 |
Lab. Admin TKJ 03 Administrator |
16 |
1 |
1 |
0 |
Siap digunakan Ready for use |
Tempat pelatihan dan fungsinya pada Jurusan/program studi keahlian/Paket KeahlianTeknik Komputer dan Jaringan
Tempat pelatihan/ laboratorium/ workshop Training Venue |
Deskripsi Description |
Detail aktivitas/spesifikasi kegiatan Activities |
Lab. Perakitan dan Perbaikan PC TKJ 01 PC assembly and repairs |
Melakukan Perakitan dan instalasi serta memperbaiki PC PC assembly and repairs |
§Pengenalan hardware §Merakit hardware § Melakukan Instalasi Sistem Operasi Dasar §Membongkar PC bermasalah §Menguji coba PC § Kowledge about and assembly of hardware § Basic operating system installation § Dismantling and testing a computer with problems |
Lab. Jaringan LAN TKJ 02 LAN network |
Mempelajari konsep dan membuat jaringan LAN LAN network |
§Pengenalan komponen jaringan §Identifikasi dan Desain Jaringan §Instalasi dan Koneksi Jaringan §Koneksi Jaringan Nirkabel §Manajemen Bandwith § Knowledge of network components § Identification and design of networks § Installation and connnection § Connecting a nircable network § Bandwidth management |
C. Rekayasa Perangkat Lunak
Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di Paket KeahlianRPL dilakukan dengan berbasis kompetensi, IT (Information Technologi) dan Produksi. Terdapat 20 Standar Kompetensi yang dipelajari di RPL yang terkelompok menjadi 3 bagian utama yaitu Pengembangan Website (Website Development), Software Aplikasi (Application Software) dan Manajemen Database (Database Management).
Infrastruktur dan fasilitas Jurusan/program studi keahlian/Paket KeahlianRekayasa Perangkat Lunak
No. |
Tempat pelatihan/ laboratorium/ workshop Training venue |
Kapasitas Capacity |
Jumlah ruangan Number of rooms |
Keterangan Explanations |
||
Yang diperlukan Required |
Yang sudah ada Existing |
Yang akan dibangun To be built |
||||
1 |
Lab. Komputer Pengembangan Software RPL 01 Software development |
32 |
1 |
1 |
0 |
Siap digunakan Ready for use |
2 |
Lab. Komputer Pengembangan Website RPL 02 Website development |
32 |
1 |
1 |
0 |
Rombak dinding antara RPL.01 dan Kelas (R.8) dan buat partisi RPL03 Tear down partition between RPL 01 and R.8, and insert a partition with RPL 03 |
3 |
Lab. Komputer Perawatan dan Perbaikan RPL 03 Maintencance and repairs |
16 |
1 |
1 |
0 |
Partisi dari RPL 02 Partition from RPL 02 |
4 |
Ruang Penyimpanan / Instruktur RPL 04 Storage / Instructor's room |
8 |
1 |
1 |
0 |
Sudah dipartisi di RPL 01 Already partitioned from RPL 01 |
Tempat pelatihan dan fungsinya pada Jurusan/program studi keahlian/Paket KeahlianRekayasa Perangkat Lunak
Tempat pelatihan/ laboratorium/ workshop Training Venue |
Deskripsi Description |
Detail aktivitas/spesifikasi kegiatan Activities |
Lab. Komputer Pengembangan Software RPL 01 Software development |
Bengkel yang digunakan sebagai tempat mengembangkan Basis Data (Database) dan Software Aplikasi (Software Application). Database and software application development |
PembuatandanPengembangan Basis Data dan Software Aplikasi Desktop, Mobile Phone. § Topik : § Membuat Basis Data § Menerapkan Aplikasi Basis Data § Pemrograman Visual Berbasis Desktop § Menerapkan Bahasa Pemrograman SQL § Membuat Aplikasi Basis Data menggunakan SQL § Merancang aplikasi teks dan desktop berbasis objek Making and developing basic data, desktop software application, mobile phone § Making, developing and applying basic data § Visual programming using the desktop § Use of SQL programming language § Making applications with SQL for basic data § Planning text applications and object based desktops |
Lab. Komputer Pengembangan Website RPL 02 Website development |
Bengkel yang digunakansebagaitempatmengembangkan Web Design, Database Web Development of web design and a database web
|
PembuatandanPengembangan website statisdandinamis yang dilengkapi database. Topik : Pembuatan dan Pengembangan Website Statis dan Dinamis (HTML, PHP, Javascript, CSS, JSP, Ajax) Menerapkan algoritma pemrograman Making and developing static and dynamic websites with databases §Making and developing static and dynamic websites (HTML, PHP, Javascript, CSS, JSP, Ajax) |
Lab. Komputer Perawatan dan Perbaikan RPL 03 Maintencance and repairs |
Bengkel yang digunakansebagaitempatPerbaikan&Perawatan PC, Merakit PC, Menginstalasi Operating System, Networking, Elektronika, K3LH. Repairs and maintenance of PCs, PC assembly, installation of operating systems, networking, electronics, health and safety at the workplace |
PerbaikandanPerawatan PC, Merakit PC, Instalasi OS, ElektronikadanPembelajaran K3LH Topik : Merakit Personal Computer Melakukan Instalasi Sistem Operasi Menerapkan Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH) Menerapkan teknik elektronika analog dan digital dasar Mengoperasikan sistem operasi jaringan komputer PC repairs and maintenance, PC assembly, installation of operating system, analog and digital electronics, networks, health and safety measures |
Ruang Penyimpanan / Instruktur RPL 04 Storage / Instructor's room |
Bengkel yang digunakansebagaitempatAlatdanBahanPraktik, Administrasi RPL, Instruktur Storage of equipment, administration, instructor's room |
§Penyimpanan Alat dan Bahan Praktik § Pengorganisasian Dokumen Kompetensi Keahlian §RuangInstruktur § Storage of equipment § Document organisation § Instructor's room |