PPDB SMKN 1 Kota Bekasi Tahun 2024

Written by
Rate this item
(1 Vote)

 

Bekasi (1/6/24) -- Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru ( PPDB ) 2024 secara objektif, jujur dan transparan terus diupayakan secara bersama oleh Dinas Pendidikan. Bersamaan dengan meningkatkan PPDB 2024, diadakannya Sosialisasi Penerimaan Peserta Didik Baru ( PPDB ) 2024 Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat KCD Wilayah 3 di SMKN 1 Kota Bekasi, Senin (27/5/24).

"Pemimpin jujur hadirkan sekolah jujur" "Sekolah jujur hasilkan pemimpin jujur"

Tagline tersebut di sampaikan oleh Bapak H. I Made Supriatna, S.Pd, M.Si selaku Kepala Cabang Dinas Wilayah 3.

"Artinya adalah ketika input PPDB calon peserta didik diproses sesuai dengan aturan, sesuai regulasi, masuk dengan jujur tidak ada kecurangan, maka akan menghasilkan pemimpin yang jujur. Maka dengan hari ini, diharapkan akan menciptakan pemimpin - pemimpin kita yang jujur." Tambah beliau.

Sosialisasi Penerimaan Peserta Didik Baru ( PPDB ) 2024 Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat KCD Wilayah 3 yang di narasumberi oleh Ibu Veni Astianingrum M.Pd dan Bapak Asep Makhrus M.Pd , berfungsi untuk menginformasikan kepada khalayak agar memahami Standar Operasional Prosedur ( SOP ) dan teknis pelaksanaan PPDB 2024.


"PPDB 2024 ini, ada beberapa hal yang esensinya tidak sama seperti tahun kemarin. Seperti contohnya terkait zonasi, untuk tahun ini orang tua/wali harus terdaftar semua di Kartu Kekuarga ( KK ) dan data tersebut harus ada di rapor. Kemudian untuk jalur KETM ekstrim baru ada di tahun ini, adalah data siswa yang sudah ada di Dinas Sosial. Data tersebut diberikan ke sekolah terdekat kemudian baru ke sekolah asal ( SMP/MTS ). Kemudian dari sekolah asal akan diberi tahu ingin mengambil sekolah terdekat tersebut atau tidak. Karena boleh diambil boleh tidak. Namun KETM ini merupakan kesempatan." Ujar Narasumber Sosialisasi PPDB 2024, KCD Wilayah 3.

Berikut hal - hal yang perlu diperhatikan pada PPDB 2024 :

1. Tempat pendaftaran PPDB.
Yaitu, melalui web resmi dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. Dapat ditanyakan langsung pada satuan pendidikan sebagai sekolah yang jujur.

2. Menghadiri Sosialisasi yang Diadakan oleh Para Kepala Sekolah.
Yakni, melalui operator masing - masing/melihat web PPDB yang dihasilkan melalui dinas pendidikan.

3. Perhatikan yang menjadi syarat umum dan khusus.
Merupakan hal yang harus dipenuhi berdasarkan persyaratan tersebut.

4. Pra - pendaftaran.
Ini merupakan hal yang krusial karena mengenai identitas, Kartu Keluarga ( KK ). Jangan sampai ketika mendaftar, ada hal yang tidak terdata. Dan pastikan seluruh data yang dibutuhkan dapat terdaftar.

5. Perhatikan jalur masuk sekolah.
Hal ini harus diperhatikan, carilah jalur masuk sekolah yang memungkinkan bagi calon peserta didik dapat diterima, dengan cara yang bersih dan jujur berdasarkan pada web tempat pendaftaran PPDB.

"Kita sudah memasuki era digital, untuk itu PPDB 2024 diharapkan serentak melalui online. Namun tidak menutup kemungkinan di daerah - daerah khusus yang memiliki jaringan internet terbatas dan ekonomi yang terbatas, maka Dinas Pendidikan Jawa Barat tidak menutup kemungkinan pendaftaran secara Luar Jaringan (LURING) , termasuk di SMKN 1 Kota Bekasi. Karena kita tidak tahu, apakah orang tua ini paham dengan Ilmu Teknologi ( IT ) atau tidak, terkadang ada orang tua siswa yang belum merasa lengkap apabila belum daftar langsung ke sekolah tujuan. Merupakan tugas panitia sosialisasi atau HUMAS yang harus mengedukasi masyarakat. Bahwa, PPDB merupakan hak semua warga negara untuk mendaftarkan menjadi Calon Peserta Didik Tahun 2024." Ujar Kepala Cabang Dinas Wilayah 3.

PPDB SMKN 1 Kota Bekasi Tahun 2024 penting dilaksanakan secara jujur dan berkualitas. Diharapkan dengan tagline :

"Pemimpin jujur hadirkan sekolah jujur" "Sekolah jujur hasilkan pemimpin jujur"

Secara tidak langsung menjadi edukasi kepada masyarakat, bahwa untuk menjadi Generasi Emas yang akan datang, perlu menyiapkan input PPDB yang bersih dan jujur.

Read 884 times Last modified on Saturday, 01 June 2024 13:45

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.