Pelaksanaan MKKS dan MGMP Se-Kota Bekasi berlangsung di SMKN 1 Kota Bekasi

Written by
Rate this item
(0 votes)

Bekasi (6/2/24) - Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Kota Bekasi mengundang Bapak/Ibu Ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Se-Kota Bekasi dalam rangka "Kegiatan rapat koordinasi ketua MGMP" dan "Persiapan lomba SMK tingkat Kota Bekasi". Kegiatan tersebut berlangsung di Aula SMK Negeri 1 Kota Bekasi.

Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) merupakan forum perkumpulan kepala sekolah dalam satu gugus wilayah atau kecamatan. Anggotanya terdiri dari kepala-kepala sekolah negeri dan swasta jenjang SMK di Kota Bekasi.

Bapak Drs. Boan M,Pd selaku Kepala SMKN 1 Kota Bekasi sekaligus Ketua MKKS di Kota Bekasi memiliki wewenang menjadi pembina MGMP yang ada di Kota Bekasi. Musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) merupakan wadah kegiatan profesional bagi para guru mata pelajaran yang sama pada jenjang SMK, baik di tingkat sekolah maupun kabupaten/kota.

"MGMP ini merupakan wadah para guru mata pelajaran baik itu normatif, adaptif ataupun produktif untuk perkembangan mereka dan peningkatan mutu dengan berbagi satu sama lain, sehingga kompetensi di tingkat kabupaten/provinsi akan setara mutunya. Hal ini menjadi tempat mereka berkomunikasi berbagi pembelajaran-pembelajaran yang mereka ampuh untuk siswa di sekolah." Tambah Bapak Drs. Boan M,Pd.

Dilansir dari kemdikbud.go.id, berikut ini tujuan dari MGMP :

1. Memperluas wawasan dan pengetahuan guru khususnya materi pembelajaran, penyusunan silabus, penyusunan bahan-bahan pembelajaran, strategi pembelajaran, dan metode pembelajaran.

2. Memberikan kesempatan kepada anggota kelompok kerja atau musyawarah kerja untuk berbagi pengalaman serta saling memberikan bantuan.

3. Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dengan pendekatan inovasi pembelajaran yang lebih profesional.

4. Memberdayakan dan membantu anggota dalam melaksanakan tugas-tugas pembelajaran di sekolah.

5. Mengubah budaya kerja anggota dan mengembangkan profesionalisme guru melalui kegiatan-kegiatan pengembangan profesionalisme.

6. Meningkatkan mutu pembelajaran yang tercermin dari hasil belajar peserta didik.

7. Meningkatkan kompetensi guru melalui kegiatan-kegiatan di tingkat MGMP.

Dan pada kenyataannya kegiatan MGMP dapat menunjang mutu profesionalitas guru dalam menyiapkan dan menyajikan pembelajaran serta mengembangkan kompetensi dan layanan pendidikannya kepada peserta didik.

Read 206 times

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.