Pelaksanaan Apel HUT Pramuka ke-62: Sumber Daya Manusia yang Profesional dan Proporsional

Written by
Rate this item
(1 Vote)

Pada hari Senin (15/08/23) SMK Negeri 1 Kota Bekasi melaksanakan apel peringatan Hari Pramuka ke-62 tahun. Momentum ini dirayakan sebagai wujud memperingati Pramuka yang telah berkiprah atau bergerak selama 62 tahun perjalanan yang tak hanya di Indonesia, tapi seluruh dunia.

"Sumber Daya Manusia yang Profesional dan Proporsional" adalah tema yang dikeluarkan oleh Kwartir Nasional yang berkaitan erat dengan logo Gerakan Pramuka ke-62 ini. Adapun makna logo secara keseluruhan ini diharapkan dapat membangun citra positif Gerakan Pramuka ke depan, tentunya dengan mempersiapkan dan melibatkan sumber daya manusia atau SDM yang profesional dan proporsional.

"Hari Pramuka bukan hanya sebagai momentum senang-senang, tapi mengingatkan kita pada nilai-nilai luhur yang diusung oleh Gerakan Pramuka," ucap Pak Boan pada pidatonya (14/08).

Beliau mengatakan di hadapan siswa/i SMK Negeri 1 Kota Bekasi bahwa Pramuka juga bukan hanya sebatas aktivitas berkemah, atau belajar keterampilan yang bertahan di alam bebas. Lebih jauh dari itu Pramuka adalah tentang kerjasama, tanggung jawab, disiplin, semangat, dan pantang menyerah. Karena nilai-nilai tersebutlah yang akan menemani kita dalam menghadapi tantangan serta rintangan di masa depan nanti. Dalam buku “B-P’s Out Look” ada pendapat dari Lord Boden Powell yang artinya, “Kepramukaan bukanlah suatu ilmu yang harus dipelajari secara tekun, bukan pula merupakan suatu kumpulan dari ajaran dan naskah buku. Bukan! Kepramukaan adalah suatu permainan yang menyenangkan di alam terbuka, tempat orang dewasa dan anak-anak pergi bersama-sama mengadakan pengembaraan seperti kakak-adik, membina kesehatan dan kebahagiaan, ketrampilan dan kesediaan memberi pertolongan”.

"Pramuka merupakan singkatan dari Praja Muda Karana yang berarti rakyat muda yang suka berkarya," tutur Ramdhani sakti selaku Pradana Putra dalam wawancaranya. Mereka, anak-anak Pramuka menyatakan bahwa menjadi seorang Pramuka sama sekali tidak melelahkan. Mereka menyukai kegiatan-kegiatan yang bersifat sosial dan kemasyarakatan. Bagi mereka, Pramuka merupakan wadah untuk mengeksplorasi diri lebih jauh dan bagaimana mereka keluar dari zona nyaman.

Dengan terus adanya Gerakan Pramuka yang aktif di Indonesia, harapannya semoga anak-anak bangsa bisa menjadi seperti tunas kelapa; yang akan tumbuh kuat dalam segala keadaan dan bermanfaat untuk semua orang.

Read 805 times Last modified on Tuesday, 22 August 2023 08:54

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.