SMK Negeri 1 Kota Bekasi Merayakan Hari Santri Nasional 2023

Written by
Rate this item
(2 votes)

Hari Santri Nasional diperingati setiap tanggal 22 Oktober. Penetapan Hari Santri Nasional ini berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2015 tentang Hari Santri.

Hari Santri Nasional 2023 mengangkat tema “Jihad Santri Jayakan Negeri”. Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas menjelaskan bahwa tema tersebut berisi ajakan kepada para santri untuk melakukan jihad secara intelektual.

“Kami ajak para santri untuk terus berjuang membangun kejayaan negeri dengan semangat jihad intelektual di era transformasi digital,” kata Menteri Agama.

Menurut Menteri Agama, tema Jihad Santri Jayakan Negeri dapat dimaknai secara historis dan kontekstual. Secara historis, tema ini ingin mengingatkan bahwa para santri memiliki andil besar dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Secara kontekstual, “Jihad Santri Jayakan Negeri” menegaskan bahwa santri terus berkontribusi aktif dalam memajukan negeri. Makna jihad secara kontekstual tidak selalu identik dengan berperang angkat senjata.

SMK Negeri 1 Kota Bekasi merayakan Hari Santri Nasional dengan memakai pakaian muslim seperti seorang santri.

"Hari santri di sekolah ini sangat penting guna untuk mencontoh, mengambil hikmah yang ada. Salah satu contoh, hari ini berpakaian santri kalau kita lihat seluruh siswa - siswi bagaikan di suatu pondok pesantren dimana suasananya damai, berjilbab, saling menegur sapa dan salam," ujar Pak Imron Syukron, S.Ag. selaku pembina IRMA dan guru agama.

Dalam keseharian, SMK Negeri 1 Kota Bekasi telah menjalankan program bernuansa keagamaan, bahkan agama Islam dan agama lain, sehingga kepala sekolah, guru, dan siswa - siswi ingin mengadakan hari perayaan santri di sekolah.

"Saya sangat bersyukur dan bangga kepada pimpinan Kepala Sekolah SMKN 1 Kota Bekasi, dimana sangat merespon untuk kegiatan ini sehingga seluruh karyawan pejabat dan siswa - siswi sangat mendukung. Tadi pagi terlaksana dengan damai, bagus dan hikmat, itu yang saya rasakan," tambah Pak Imron.

Dengan terlaksananya Hari Santri Nasional di SMKN 1 Kota Bekasi ini, diharapkan siswa - siswi dapat mencontoh akhlakul karimah sehingga keseharian penuh dengan kedamaian dan dapat meneladani perjuangan santri untuk mempertahankan kejayaan negeri, seperti pada tema hari santri saat ini yaitu“Jihad Santri Jayakan Negeri”.

Read 762 times

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.