Kunjungan Industri PT. Pindad Memotivasi Siswa - Siswi SMKN 1 Kota Bekasi

Written by
Rate this item
(0 votes)

Siswa - siswi SMKN 1 Kota Bekasi, tepatnya jurusan permesinan dan pengelasan melakukan kunjungan industri ke PT. Pindad, Bandung pada Selasa (23/1/24) lalu.

"Kalau untuk kunjungan Industri itu sudah kita programkan pada setiap tahun ada, dan untuk tempat kebetulan tahun ini kita mengunjungi PT Pindad di Bandung". Ucap Pak Kosim Komarudin, S.Pd

PT. Pindad sendiri merupakan singkatan dari ( Perindustrian TNI Angkatan Darat ). Memproduksi Produk Senjata dan Munisi yang telah mendukung TNI memenangkan berbagai lomba tembak internasional selama bertahun-tahun. Kendaraan Khusus seperti Anoa dan Komodo Pindad juga telah digunakan pada berbagai misi perdamaian dunia di berbagai negara.

Suatu kebanggaan bagi Siswa - siswi SMKN 1 Kota Bekasi dapat berkunjung ke PT. Pindad, karena disana mereka mendapatkan ilmu baru seputar Industri. Siswa - siswi juga dapat melihat langsung kegiatan pekerjaan yang dilakukan para pekerja di PT. Pindad beserta hasil produksinya yang mengagumkan.

"Ini pengalaman yang sangat berharga bagi saya, karena ini merupakan salah satu pembelajaran dan juga dapat gambaran mesin - mesin yang nanti nya lebih sulit dan rumit untuk dikerjakan." Ucap salah satu siswa permesinan, Hezkiel.

"Tujuannya memang untuk mengenalkan siswa - siswi kepada industri, karena anak SMK identik dengan industri. Jadi mereka perlu tahu industri itu seperti apa, bekerjanya bagaimana, dan produk yang dihasilkannya, sehingga terdapat bayangan untuk mereka." tambah Pak Kosim Komarudin, S.Pd

Tujuan tersebut dapat diuraikan beserta dengan rangkaian kegiatan Siswa - siswi dalam kunjungan industri ke PT. Pindad :

1. Siswa - siswi diberikan materi pada workshop oleh training center.
Materi tersebut berkenaan dengan sejarah berdirinya PT. Pindad, keselamatan dalam bekerja, memperkenalkan kepada Siswa - siswi tentang produk - produk yang di produksi, dan juga menawarkan kerjasama terkait Pelatihan Kerja Lapangan (PKL) atau magang kepada Siswa - siswi SMKN 1 Kota Bekasi.

2. Siswa - siswi diarahkan menuju bengkel PT.Pindad
Di bengkel tersebut Siswa - siswi dapat memperhatikan lebih dalam tentang mesin dan las, mereka juga dapat melihat keterampilan para pekerja dalam melakukan pekerjaannya.

3. Siswa - siswi diperlihatkan hasil produksi dari PT.Pindad
Beberapa hasil produksi tersebut berupa alat - alat perang, seperti tank dll. Hal ini membuat Siswa - siswi antusias dan motivasi yang meningkat.

Dari rangkaian kegiatan tersebut, Sekolah berharap agar Siswa - siswi SMKN 1 Kota Bekasi memiliki motivasi yang tinggi untuk mencapai cita - cita yang sesuai dengan kejuruannya.

"Untuk itu kunjungan industri harus diadakan, karena beda sekali antara sekolah dan industri. Baik dari peraturan dan kedisiplinannya. Maka dari itu mereka istilahnya berhubungan dengan materi jadi harus benar - benar perfect. Dan Anak - anak alhamdulillah senang dibawa kunjungan Industri, jadi kesannya kita tidak kaku, cairr anak - anak disana, bagus juga untuk bekal mereka kedepannya," Ucap Pak Kosim Komarudin, S.Pd sebagai pesan dan kesannya kepada Siswa - siswi yang mengikuti kunjungan industri.

" Ini salah satu pembelajaran terbaik yang bisa diberikan sekolah kepada murid - murid nya, karena sangat seru dan juga dapat banyak pembelajaran yang berharga. " tambah Hezkiel, salah satu siswa permesinan yang mengungkapkan kesannya.

Read 442 times

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.